~ Pesantren ini dibawah Yayasan Al-Azhar yang diketuai oleh KH. Amin Badruzzaman bin H. Harun. Yayasan ini menaungi banyak sekali kegiatan-kegiatan keagamaan dan organisasi-organisasi sosial dan pendidikan; PAUD, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Hidayatul Qur'an, Pengurus DKM Masjid Al-Amin, Majlis Ta'lim, Kelompok Belajar, dan Koperasi Pondok Pesantren. ~

Jumat, 25 Mei 2012

Sekilas Pondok Pesantren Nurul Quran



Assalamualaikum Wr. Wb.


Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan hingga pada saatnya kita dapat menjalankan aktifitas. Shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan keharibaan Nabi Muhammad saw, para keluarganya, dan para sahabatnya hingga yaumul qiyamah. Amiin

Saudaraku sekalian yang berbahagia,

Pendidikan pesantren putri Nurul Qur'an adalah tahasus tahfidzul qur'an, tetapi tidak bisa dipungkiri kebutuhan pengetahuan agama yang berhubungan erat dengan al-Qur'an tetap dipelajari.

Dikarenakan mulai banyak menerima calon murid dan murid yang berdatangan dari berbagai daerah; kertasemaya, wiyong, segeran, subang, plered, winong, jakarta dam lain-lain, Pesantren ini diberdirikan selesai pada tahun 1987.

Kurikulumnya pun disesuaikan dengan pesantren dimana pengasuh pernah belajar disana, yaitu kurikulum dari tebu ireng, jombang. Nahwu, Shorof, Fiqh (sullamut taufiiq) dan lain-lain.

Waktu belajar madrasah dengan mengaji al-qur'an dibedakan. Meskipun begitu masih ada waktu luang untuk para santri me-muthala'ah kitab yang telah dipelajarinya di madrasah. Selain itu juga waktu luang biasa digunakan para santri untuk menghafal al-qur'an dan tadarrus al-qur'an. Ada juga yang digunakan untuk sekolah formal seperti SD, SMP, SMK/SMA, kuliah dan bahkan ada yang sambil bekerja di suatu perusahaan sekitar pesantren. Mereka yang ada kesibukan di luar pesantren dibedakan asrama dan kamarnya demi ketertiban.

Mungkin ini lebih tepat dikatakan sebagai profil pesantren, tapi kalaupun ada arti lain selain yang dimaksud kami tidak bisa bagaimana cara menjelaskannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Poskan Komentar